Pohon bidara merupakan salah satu macam pohon yang tergolong dalam class tanaman semak. Tanaman bidara dapat hidup subur di semua kawasan. Penyebaran bibit tanaman bidara acapkali dilakukan oleh burung pemakan.

Di beberapa negara contohnya China dan India, pohon bidara dimanfaatkan daun dan buahnya gunai digunakan sebagai obat. Berikut ini khasiat daun bidara.

1. Mempercepat Pengobatan Luka dan Luka Bakar

manfaat daun bidara untuk menyembuhkan luka bakar awalnya dilakukan di India. Daun bidara yang masih segar dapat memberikan efek dingin pada bagian yang ada luka. Disamping itu, kandungan yang terdapat pada daun bidara mampu mencegah luka bakar supaya nggak menjadi tanda luka pada kulit. Sehingga, apabila mengalami luka bakar kecil serta masih dapat diobati sendiri, maka ambilah beberapa lembar daun bidara segar dan masih ranum. Selanjutnya Cuci bersih serta tempelkan pada bagian yang terkena luka bakar.

2. Menangani Masalah Kecantikan

Khasiat daun bidara untuk mempercantik wajah telah digunakan sejak masa kuno di China. Daun bidara dengan optimal mampu menyelesaikan segala macam masalah pada seperti jerawat dan segala macam reaksi penuaan dini misalnya keriput dan mata panda. Guna menjaga kecantikan dengan daun bidara dapat mengaplikasikannya menjadi masker, caranya:

Lembutkan daun bidara hingga menghasilkan bubuk
kemudian tambahkan dengan air sedikit hingga menjadi adonan masker
Pakai masker secara mengoleskannya ke bagian wajah
Diamkan beberapa saat sampai kering
Bilas wajah dengan air anget setelah seluruh lapisan masker kering
untuk memperoleh hasil yang diinginkan maka kita bisa menggunakanny dengan teratur selama dua kali dalam seminggu, dan bedakan hasilnya.

3. Mengobati Diabetes
Kandungan senyawa yang ditemukan pada daun bidara kering rupanya juga bisa melindungi tubuh dari kerusakan sistem pengaturan kadar gula. Hal inilah yang menyebabkan penggunaan daun bidara bubuk untuk pengobatan diabetes terbukti ampuh.

Diabetes bisa terjadi karena keadaan tubuh tidak bisa menata kadar gula dalam darah, kerusakan sistem insulin dalam tubuh mampu mengakibatkan beberapa ancaman ganguan lain seperti ginjal dan jantung. Daun bidara serbuk yang diminum contohnya teh bisa mengontrol kadar gula dalam darah dan mengatur sistem perlindungan terhadap penyususunan produksi insulin.

Pemanfaatan daun bidara untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit emank telah sangat dikenal sejak dulu. Tapi nggak semua kawasan bisa memperoleh daun bidara dan perlu mengambil dari daun bidara dari tempat lain atau mencari penjual bidara baik pada bentuk kapsul, bubuk maupun serbuk.