Results 1 to 4 of 4

Thread: kegunaan manajemen dalam kehidupan sehari-hari

  1. #1
    Member
    Join Date
    Nov 2016
    Posts
    1
    Likes (Received)
    0
    Dislikes (Received)
    0
    Rep Power
    10

    kegunaan manajemen dalam kehidupan sehari-hari

    Dalam kehidupan yang sudah modern ini menurut saya manajemen mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan. Segala sesuatu yang akan dikerjakan harus di-manage. Dengan adanya manajemen, semua kegiatan yang ingin kita lakukan bisa tercapai dengan sesuai harapan. Karena semua sudah terencana maka tidak ada yang terbengkalai. Sehingga akan sesuai dengan apa yang telah kita rencanakan sebelumnya.
    Tapi masih banyak orang yang mengira manajemen itu hanya dapat dilakukan pada kegiatan-kegiatan formal dalam perusahaan maupun organisasi formal lainnya. Padahal nyatanya manajemen dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Manajemen tidak terbatas pada sebuah organisasi tetapi bisa juga untuk diri sendiri dalam melakukan suatu pekerjaan.
    Adapun pengertian manajemen itu sendiri adalah secara sederhana dapat diartikan sebagai suatu proses meng koordinasi dan mengintegrasikan kegiatan-kegiatan kerja agar terselesaikan secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan. Efektif disini diartikan sebagaimana melaksanakan suatu pekerjaan secara tepat sasaran, sedangkan arti efisien yaitu melakukan pekerjaan dengan benar. Pekerjaan yang tidak dilakukan secara efektif dan efisien tidak akan mencapai hasil yang memuaskan.
    Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat untuk kehidupan kita jika diimplementasikan secara tepat sasaran, terutama untuk kita para mahasiswa, karena tugas-tugas atau pekerjaan yang berkaitan dengan disiplin ilmu yang kita ambil akan menjadi lebih mudah dan terorganisir lebih baik. Ini berarti bahwa secara tidak langsung kita pun sudah menjadi seorang manajer, manajer yang mengorganisir kesibukan kita sebagai mahasiswa.
    Dalam melaksanakan manajemen dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita juga harus memperhatikan fungsi-fungsi manajemen sendiri. Apa saja fungsi-fungsi manajemen? Menurut George R. Terry fungsi manajemen ada empat yaitu terdiri dari Planning (perencanaan), Organizing (pengelompokan), Actuating (Pengarahan), dan Controlling (Pengendalian).
    Keempat fungsi manajemen tersebut juga dapat dijadikan dasar dalam pelaksanaan manajemen yang baik, dengan pelaksanaan manajemen yang baik permasalahan-permasalahan yang muncul pada saat atau setelah penggunaan kegiatan berlangsung dapat diminimalisir sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat dengan mudah dicapai.
    Banyak manfaat yang kita rasakan saat me-manag aktifitas saya sehari-hari, antara lain:
    1. Membantu kita membentuk strategi yang lebih baik dengan menggunakan sistematis, logis, rasional dalam pilihan strategies.
    2. Merupakan sebuah proses bukan keputusan atau dokumen. Tujuan utama dari proses adalah mencapai pengertian dan komitmen dari apa yang kita rencanakan.
    3. Proses yang kita lakukan menyediakan pemberdayaan individual. Pemberdayaan adalah tindakan memperkuat pengertian diri sendiri mengenai efektifitas dengan mendorong dan menghargai upaya kita untuk berpartisipasi dalam mengambil keputusan dan latihan inisiatif serta imajinasi.
    4. Meningkatkan kesadaran kita akan ancaman external sehingga kita terbiasa mempersiapkan rencana lain atas kejadian yang tidak diinginkan dari faktor luar.
    5. Kita dapat mengetahui dengan baik mengenai strategi kompetitor sehingga kita akan lebih mudah mengahadapinya.
    6. Mendorong pemikiran ke masa depan, sebab dengan mempelajari manajemen kita telah belajar menganalisis rencana.
    7. Mendorong terciptanya sikap positif akan perubahan dalam diri kita.
    Apapun yang kita lakukan haruslah kita me-manage terlebih dahulu agar sesuai dengan apa yang kita targetkan. Kenapa kita harus me-manage kegiatan yang kita lakukan sehari-hari? Karena seperti dalam Al-qur’an dan hadits dijelaskan bahwa Allah menyukai seseorang yang berpikir untuk hari esok atau mempunyai planning, serta melakukan sesuatu dengan mempunyai tujuan dan mengerjakan secara tepat, terarah dan tuntas.
    kesibukan kita akan berjalan dengan baik apabila kita menggunakan manajemen dan fungsi manajemen dalam kehidupan sehari-hari. Semua perusahaan, lembaga, organisasi pasti menggunakan menajemen. Begitu juga dengan diri kita sendiri. Sehingga saya sarankan untuk menggunakan sistem dan fungsi manajemen dalam kehidupan kita, agar kita mempunyai target dan tujuan yang bisa kita capai kedepannya.
    saya akan menjelaskan beberapa hal tentang pentingnya manajemen dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya sebagai berikut:
    1. Pentingnya Manajemen Waktu
    Waktu merupakan hal yang sangat berharga, dari mulai kita bangun tidur sampai tidur kembali hendaknya diisi dengan hal-hal yang baik dan bermanfaat secara optimal, efektif dan efisien. Orang yang bisa mengatur dan mengelola waktu dalam hidupnya dia akan mendapatkan hasil yang baik dan keberuntungan. Sementara orang yang tidak bisa mengatur waktunya dengan baik maka aktivitas sehari-harinya tidak akan terarah dan akan merugi seperti dijelaskan Firman Allah swt. dalam QS.An-Ashr ayat 1-3 yang artinya: Demi masa, sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dan saling menasihati dalam kebaikan dan sabar.
    Jadi penting bagi kita untuk senantiasa mengatur waktu dengan baik. Jangan sampai banyak waktu yang terbuang sia-sia hanya untuk hal yang tidak penting dan tidak bermanfaat. Dengan adanya manajemen yang baik dalam kehidupan kita, maka hidup kita akan lebih jelas dan lebih teratur, kita dapat merealisasikan segala keinginan kita.
    Dengan manajemen kehidupan yang baik, kita akan terhindar dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia dan merugikan diri kita sendiri. Dengan manajemen yang baik tersebut, kita akan membiasakan diri kita untuk hidup disiplin.
    2. Pentingnya Manajemen Keuangan
    Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia pasti memerlukan alat pembayaran yaitu uang. Uang digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti untuk membeli makan, bayar ongkos kendaraan, membayar biaya sekolah, dan keperluan lainnya. Ilmu Manajemen juga diperlukan untuk memanajemen keuangan dalam kehidupan sehari-hari agar tercipta sebuah perencanaan dan pengawasan terhadap keuangan kita serta agar kita dapat mengetahui dengan jelas berapa besar uang yang telah kita gunakan , dan dengan memanajemen keuangan kita juga bisa mengevaluasi seberapa optimal dan efektif kah kita dalam menggunakan uang.
    Dalam kehidupan sehari-hari banyak orang yang tidak bisa mengontrol keuangannya, terlebih lagi uang diri sendiri . Maka dari itu manajemen sangat amat diperlukan khususnya dalam keuangan untuk bisa merencanakan jumlah uang yang dimiliki itu untuk keperluan yang jelas dan pasti.
    Maka dengan Manajemen uang ini kita bisa lebih hemat dalam pemakaian keuangan, jangan menggunakan uang untuk hal yang kurang bermanfaat, gunakan uang sesuai kebutuhan. kita harus bisa mengelola keuangan dengan baik seperti membiasakan menabung agar keuangan kita tetap lancar dalam memenuhi kebutuhan kita sehari-hari.
    3. Pentingnya Manajemen Rumah
    Rumah merupakan tempat untuk kita tinggal dan menetap, tempat kita berkumpul dengan keluarga dan saudara kita. Oleh karena itu rumah adalah tempat yang penting untuk kita atur dan kelola dengan baik agar terwujud suasana yang aman dan nyaman untuk kita tinggal. Rumah yang baik adalah rumah yang tertata dengan baik, rapi, dan bersih dari luar maupun dari dalam rumah.
    Contoh penerapan manajemen dalam rumah yang perlu di perhatikan seperti menata halaman rumah dengan baik, penataan ruang tamu, penataan tempat tidur, penataan dapur dan penataan kamar mandi/toilet.
    • Halaman Rumah


    Halaman rumah menjadi sudut yang pertama kita lihat dari luar, orang akan dapat menilai bagaimana keadaan rumah dengan melihat halaman rumah kita. Oleh karena itu sangat perlu penataan yang baik supaya terlihat indah, bersih dan nyaman. Contoh penataan halaman rumah kita bisa menanam bunga atau tanaman yang bermanfaat.
    • Ruang Tamu


    Ruang tamu merupakan ruangan tempat kita menerima dan menjamu tamu kita, dengan kita menata ruang tamu enggan baik, maka kita akan siap dalam menerima tamu siapapun dan dengan suasana ruang tamu yang nyaman dan tertata para tamu kita akan merasa terhormat dan merasa nyaman untuk bertamu kembali. Contoh penataan ruang tamu yang perlu kita perhatikan seperti penempatan kursi dan meja atau aksesoris yang melengkapi keindahan ruang tamu.
    • Kamar Tidur


    Kamar tidur tempat kita tidur dan melakukan aktivitas pribadi sehari-hari harus dikelola dengan baik agar kita merasa nyaman, terorganisir secara efektif. Yang perlu di perhatikan dalam manajemen kamar tidur diantaranya penempatan tempat tidur yang baik, ventilasi udara dan pencahayaan lampu, penempatan lemari dan penataan kerapihan dari material yang ada dalam kamar tidur
    • Dapur


    Dapur adalah tempat kita memasak, tempat kita membuat makanan untuk dimakan bersama keluarga. Dengan memanajemen dapur dengan baik tentunya kita akan merasa nyaman dan enak ketika memasak oleh karena itu perhatikan lah kebersihan dan kerapihan dapur kita.
    • Kamar Mandi


    Kamar mandi juga merupakan tempat yang penting dan ada dalam sebuah rumah. Biasanya kebanyakan kamar mandi kurang di perhatikan, biasanya kesan masuk kamar mandi itu bau dan kotor. Maka dari itu sangat perlu di perhatikan pengelolaan, perawatan dan selalu menjaga kebersihan nya. Agar Pengelolaan manajemen Rumah ini berjalan dengan baik maka peran orang tua sangat berpengaruh untuk mengoordinasi dan bekerja sama dengan anggota keluarganya dalam menciptakan suasana rumah yang nyaman.

  2. #2
    Member
    Join Date
    Nov 2016
    Posts
    5
    Likes (Received)
    0
    Dislikes (Received)
    0
    Rep Power
    10
    betul sekali mantap untuk di terapkan di kehidupan sehari-hari

  3. #3
    Member
    Join Date
    Jun 2017
    Posts
    14
    Likes (Received)
    0
    Dislikes (Received)
    0
    Rep Power
    10
    Quote Originally Posted by alligator23 View Post
    Dalam kehidupan yang sudah modern ini menurut saya manajemen mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan. Segala sesuatu yang akan dikerjakan harus di-manage. Dengan adanya manajemen, semua kegiatan yang ingin kita lakukan bisa tercapai dengan sesuai harapan. Karena semua sudah terencana maka tidak ada yang terbengkalai. Sehingga akan sesuai dengan apa yang telah kita rencanakan sebelumnya.
    Tapi masih banyak orang yang mengira manajemen itu hanya dapat dilakukan pada kegiatan-kegiatan formal dalam perusahaan maupun organisasi formal lainnya. Padahal nyatanya manajemen dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Manajemen tidak terbatas pada sebuah organisasi tetapi bisa juga untuk diri sendiri dalam melakukan suatu pekerjaan.
    Adapun pengertian manajemen itu sendiri adalah secara sederhana dapat diartikan sebagai suatu proses meng koordinasi dan mengintegrasikan kegiatan-kegiatan kerja agar terselesaikan secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan. Efektif disini diartikan sebagaimana melaksanakan suatu pekerjaan secara tepat sasaran, sedangkan arti efisien yaitu melakukan pekerjaan dengan benar. Pekerjaan yang tidak dilakukan secara efektif dan efisien tidak akan mencapai hasil yang memuaskan.
    Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat untuk kehidupan kita jika diimplementasikan secara tepat sasaran, terutama untuk kita para mahasiswa, karena tugas-tugas atau pekerjaan yang berkaitan dengan disiplin ilmu yang kita ambil akan menjadi lebih mudah dan terorganisir lebih baik. Ini berarti bahwa secara tidak langsung kita pun sudah menjadi seorang manajer, manajer yang mengorganisir kesibukan kita sebagai mahasiswa.
    Dalam melaksanakan manajemen dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita juga harus memperhatikan fungsi-fungsi manajemen sendiri. Apa saja fungsi-fungsi manajemen? Menurut George R. Terry fungsi manajemen ada empat yaitu terdiri dari Planning (perencanaan), Organizing (pengelompokan), Actuating (Pengarahan), dan Controlling (Pengendalian).
    Keempat fungsi manajemen tersebut juga dapat dijadikan dasar dalam pelaksanaan manajemen yang baik, dengan pelaksanaan manajemen yang baik permasalahan-permasalahan yang muncul pada saat atau setelah penggunaan kegiatan berlangsung dapat diminimalisir sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat dengan mudah dicapai.
    Banyak manfaat yang kita rasakan saat me-manag aktifitas saya sehari-hari, antara lain:
    1. Membantu kita membentuk strategi yang lebih baik dengan menggunakan sistematis, logis, rasional dalam pilihan strategies.
    2. Merupakan sebuah proses bukan keputusan atau dokumen. Tujuan utama dari proses adalah mencapai pengertian dan komitmen dari apa yang kita rencanakan.
    3. Proses yang kita lakukan menyediakan pemberdayaan individual. Pemberdayaan adalah tindakan memperkuat pengertian diri sendiri mengenai efektifitas dengan mendorong dan menghargai upaya kita untuk berpartisipasi dalam mengambil keputusan dan latihan inisiatif serta imajinasi.
    4. Meningkatkan kesadaran kita akan ancaman external sehingga kita terbiasa mempersiapkan rencana lain atas kejadian yang tidak diinginkan dari faktor luar.
    5. Kita dapat mengetahui dengan baik mengenai strategi kompetitor sehingga kita akan lebih mudah mengahadapinya.
    6. Mendorong pemikiran ke masa depan, sebab dengan mempelajari manajemen kita telah belajar menganalisis rencana.
    7. Mendorong terciptanya sikap positif akan perubahan dalam diri kita.
    Apapun yang kita lakukan haruslah kita me-manage terlebih dahulu agar sesuai dengan apa yang kita targetkan. Kenapa kita harus me-manage kegiatan yang kita lakukan sehari-hari? Karena seperti dalam Al-qur’an dan hadits dijelaskan bahwa Allah menyukai seseorang yang berpikir untuk hari esok atau mempunyai planning, serta melakukan sesuatu dengan mempunyai tujuan dan mengerjakan secara tepat, terarah dan tuntas.
    kesibukan kita akan berjalan dengan baik apabila kita menggunakan manajemen dan fungsi manajemen dalam kehidupan sehari-hari. Semua perusahaan, lembaga, organisasi pasti menggunakan menajemen. Begitu juga dengan diri kita sendiri. Sehingga saya sarankan untuk menggunakan sistem dan fungsi manajemen dalam kehidupan kita, agar kita mempunyai target dan tujuan yang bisa kita capai kedepannya.
    saya akan menjelaskan beberapa hal tentang pentingnya manajemen dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya sebagai berikut:
    1. Pentingnya Manajemen Waktu
    Waktu merupakan hal yang sangat berharga, dari mulai kita bangun tidur sampai tidur kembali hendaknya diisi dengan hal-hal yang baik dan bermanfaat secara optimal, efektif dan efisien. Orang yang bisa mengatur dan mengelola waktu dalam hidupnya dia akan mendapatkan hasil yang baik dan keberuntungan. Sementara orang yang tidak bisa mengatur waktunya dengan baik maka aktivitas sehari-harinya tidak akan terarah dan akan merugi seperti dijelaskan Firman Allah swt. dalam QS.An-Ashr ayat 1-3 yang artinya: Demi masa, sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dan saling menasihati dalam kebaikan dan sabar.
    Jadi penting bagi kita untuk senantiasa mengatur waktu dengan baik. Jangan sampai banyak waktu yang terbuang sia-sia hanya untuk hal yang tidak penting dan tidak bermanfaat. Dengan adanya manajemen yang baik dalam kehidupan kita, maka hidup kita akan lebih jelas dan lebih teratur, kita dapat merealisasikan segala keinginan kita.
    Dengan manajemen kehidupan yang baik, kita akan terhindar dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia dan merugikan diri kita sendiri. Dengan manajemen yang baik tersebut, kita akan membiasakan diri kita untuk hidup disiplin.
    2. Pentingnya Manajemen Keuangan
    Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia pasti memerlukan alat pembayaran yaitu uang. Uang digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti untuk membeli makan, bayar ongkos kendaraan, membayar biaya sekolah, dan keperluan lainnya. Ilmu Manajemen juga diperlukan untuk memanajemen keuangan dalam kehidupan sehari-hari agar tercipta sebuah perencanaan dan pengawasan terhadap keuangan kita serta agar kita dapat mengetahui dengan jelas berapa besar uang yang telah kita gunakan , dan dengan memanajemen keuangan kita juga bisa mengevaluasi seberapa optimal dan efektif kah kita dalam menggunakan uang.
    Dalam kehidupan sehari-hari banyak orang yang tidak bisa mengontrol keuangannya, terlebih lagi uang diri sendiri . Maka dari itu manajemen sangat amat diperlukan khususnya dalam keuangan untuk bisa merencanakan jumlah uang yang dimiliki itu untuk keperluan yang jelas dan pasti.
    Maka dengan Manajemen uang ini kita bisa lebih hemat dalam pemakaian keuangan, jangan menggunakan uang untuk hal yang kurang bermanfaat, gunakan uang sesuai kebutuhan. kita harus bisa mengelola keuangan dengan baik seperti membiasakan menabung agar keuangan kita tetap lancar dalam memenuhi kebutuhan kita sehari-hari.
    3. Pentingnya Manajemen Rumah
    Rumah merupakan tempat untuk kita tinggal dan menetap, tempat kita berkumpul dengan keluarga dan saudara kita. Oleh karena itu rumah adalah tempat yang penting untuk kita atur dan kelola dengan baik agar terwujud suasana yang aman dan nyaman untuk kita tinggal. Rumah yang baik adalah rumah yang tertata dengan baik, rapi, dan bersih dari luar maupun dari dalam rumah.
    Contoh penerapan manajemen dalam rumah yang perlu di perhatikan seperti menata halaman rumah dengan baik, penataan ruang tamu, penataan tempat tidur, penataan dapur dan penataan kamar mandi/toilet.
    • Halaman Rumah


    Halaman rumah menjadi sudut yang pertama kita lihat dari luar, orang akan dapat menilai bagaimana keadaan rumah dengan melihat halaman rumah kita. Oleh karena itu sangat perlu penataan yang baik supaya terlihat indah, bersih dan nyaman. Contoh penataan halaman rumah kita bisa menanam bunga atau tanaman yang bermanfaat.
    • Ruang Tamu


    Ruang tamu merupakan ruangan tempat kita menerima dan menjamu tamu kita, dengan kita menata ruang tamu enggan baik, maka kita akan siap dalam menerima tamu siapapun dan dengan suasana ruang tamu yang nyaman dan tertata para tamu kita akan merasa terhormat dan merasa nyaman untuk bertamu kembali. Contoh penataan ruang tamu yang perlu kita perhatikan seperti penempatan kursi dan meja atau aksesoris yang melengkapi keindahan ruang tamu.
    • Kamar Tidur


    Kamar tidur tempat kita tidur dan melakukan aktivitas pribadi sehari-hari harus dikelola dengan baik agar kita merasa nyaman, terorganisir secara efektif. Yang perlu di perhatikan dalam manajemen kamar tidur diantaranya penempatan tempat tidur yang baik, ventilasi udara dan pencahayaan lampu, penempatan lemari dan penataan kerapihan dari material yang ada dalam kamar tidur
    • Dapur


    Dapur adalah tempat kita memasak, tempat kita membuat makanan untuk dimakan bersama keluarga. Dengan memanajemen dapur dengan baik tentunya kita akan merasa nyaman dan enak ketika memasak oleh karena itu perhatikan lah kebersihan dan kerapihan dapur kita.
    • Kamar Mandi


    Kamar mandi juga merupakan tempat yang penting dan ada dalam sebuah rumah. Biasanya kebanyakan kamar mandi kurang di perhatikan, biasanya kesan masuk kamar mandi itu bau dan kotor. Maka dari itu sangat perlu di perhatikan pengelolaan, perawatan dan selalu menjaga kebersihan nya. Agar Pengelolaan manajemen Rumah ini berjalan dengan baik maka peran orang tua sangat berpengaruh untuk mengoordinasi dan bekerja sama dengan anggota keluarganya dalam menciptakan suasana rumah yang nyaman.
    ...setuju banget... dgn manajemen kita bisa melakukan pekerjaan dengan efesien dan efektif...
    distributor kursi kerja dan meja kerja

  4. #4
    Member
    Join Date
    Jul 2017
    Posts
    5
    Likes (Received)
    0
    Dislikes (Received)
    0
    Rep Power
    10
    tanpa sistem manajemen kehidupan sehari hari kita tidak bisa diatur dan akan morat marit

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •